Selama 3 Hari, Warga Binaan Lapas Bengkalis Mendapatkan Kunjungan Keluarga di Hari Lebaran

BENGKALIS, Clasnews.id –¬† Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis di Jalan Pertanian Bengkalis pada Sabtu dan Minggu ini tanggal 22 dan 23 April ini ramai para keluarga Narapidana (Napi) yang berkunjung¬† pada perayaan idul fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Kepala Lapas Muhammad Lukman menyebutkan kegiatan silaturrahmi antara napi dan keluarganya sudah jauh hari di rencanakan dan pada lebaran pertama kemarin masih banyak keluarga napibyang belum bisa masuk, karena sesuai aturan setiap satu napi boleh dikunjungi oleh 3 orang keluarga saja.

“Ya memang saat hari pertama pada sabtu kemarin keluarga napi sangat ramai dan bahkan ada yang bawa keluarga lebih dri 3 orang tidak di perkenankan masuk,”kata Muhammad Lukman kalapas Bengkalis, Minggu (23/4/2023).

Kalapas menyebutkan hari ini di lebaran kedua dan lebaran ketiga diperkirakan jumlah kunjungan akan meningkat karena dari lebih kurang 1500 napi lebih kurang 80 % beragama Islam yang merayakan idul fitri di lembaga pemasyarakatan.

Lapas Kelas IIA Bengkalis membuka layanan kunjungan tatap muka khusus hari raya idul fitri 2023 yang dapat dinikmati oleh keluarga inti warga binaan. Layanan ini merupakan layanan kunjungan tatap muka terbatas yang dilangsungkan selama tiga hari, dari tanggal 22 hingga 24 April 2023.

Adapun layanan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi dibuka pukul 08.30 sampai 11.30, sedangkan sesi siang dibuka pada pukul 13.30 sampai 15.30.

“Kunjungan tatap muka khusus idul fitri ini dilakukan dua sesi atas dasar adanya kemungkinan lonjakan keluarga warga binaan yang ingin melakukan tatap muka di momen lebaran kali ini,”kata Muhammad Lukman didampingi Mai Yudi.

Kunjungan tatap muka terbatas khusus Idul Fitri ini pun tetap mengutamakan protokol kesehatan, dimana keluarga warga binaan wajib menunjukkan bukti sudah pernah vaksin, minimal vaksin kedua. Selain itu saat proses kunjungan tatap muka terbatas dilangsungkan, para warga binaan dan keluarganya terus diupayakan untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Suasana haru bahagia menyelimuti ruang kunjungan keluarga Lapas Bengkalis, warga binaan pemasyarakatan (WBP) dapat bertemu secara tatap muka dengan keluarga tercinta untuk melepas rindu bersama.

WBP senang dan bahagia karena bisa bersilaturahmi dengan keluarga selama 30 menit. Meski hanya terbatas keluarga inti yang bisa bertemu, layanan yang diberi merupakan bentuk kepedulian Lapas Bengkalis kepada warga binaannya.

Kalapas Bengkalis, Muhammad Lukman tak henti-hentinya selalu memberikan arahan kepada Petugas untuk senantiasa waspada demi menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas mengingat ramai dan antusiasnya pengunjung, dan selalu lakukan pemeriksaan secara detil baik badan maupun barang bawaan untuk menghindari masuknya barang-barang terlarang.

Jumlah pengunjung pada hari pertama 580 orang yang dikunjungi 311 napi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *